Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tema dan Sub Tema PAUD

Tema dalam istilah kurikulum TK adalah alat untuk mengenalkan berbagai konsep, topik dan ide kepada anak didik secara utuh. Dalam pembelajaran, tema berfungsi sebagai penyatu isi kurikulum dalam satu perencanaan yang utuh (holistik), memperkaya perbendaharaan bahasa anak didik, membuat pembelajaran lebih bermakna dan membantu anak mengenal berbagai konsep secara mudah dan jelas.

Contoh Tema dan Subtema PAUD / TK

Jadi tema merupakan aktualisasi konsep minat anak yang dijadikan fokus perencanaan atau titik awal perencanaan dalam proses pembelajaran.

Prinsip-Prinsip Memilih Tema

  1. Kedekatan. Tema yang dipilih hendaknya dipilih mulai dari tema terdekat dengan kehidupan anak kepada tema yang semakin jauh dari kehidupan anak.
  2. Kesederhanaan. Memilih tema yang sederhana sampai kepada pemilihan tema yang rumit kepada anak. Guru dapat menentukan tema yang lebih sederhana agar tema lebih efektif dan fokus.
  3. Kemenarikan. Hendaknya tema dipilih dati tema yang menarik minat anak kepada tema yang kurang menarik kepada anak. Tema-tema tertentu dapat dibuat menjadi lebih menarik dan dibedakan antara TK kelompok A dan TK kelompok B. Agar anak didik tertarik dan tidak akan membosankan anak karena pengulangan tema yang sama dengan sub tema yang sama.
  4. Ke-insidental-an. Peristiwa atau kejadian di sekitar anak (sekolah) yang terjadi pada saat pembelajaran berlangsung hendaknya dimasukkan dalam pembelajaran walaupun tidak sesuai dengan tema yang dipilih pada hari itu.


Cara Membuat Tema Menjadi Sub Tema

Untuk membuat atau mengidentifikasikan sebuah tema menjadi sub tema, kita bisa mengidentifikasikannya di awal tahun pelajaran. Proses membuat tema dilakukan oleh guru dan anak didik melalui kegiatan percakapan awal. Tetapi guru sudah bisa melakukan identifikasi tema d awal tahun melalui berbagai pertimbangan sebagai berikut :
  1. Pengalaman percakapan awal dengan anak didik tentang tema
  2. Gambar-gambar bebas hasil karya anak didik merupakan fokus minat anak didik dan dapat dijadikan sub tema
  3. Topik percakapan anak didik dengan teman sebayanya merupakan fokus minat anak didik dan dapat dijadikan sub tema
  4. Alat bermain yang suka dimainkan anak, permainan yang dimainkan anak dengan teman sebaya merupakan fokus minat anak didik dan dapat dijadikan sebagai sub tema.

Contoh Tema Dalam Setahun

Dibawah ini merupakan contoh tema dan Subtema dalam setahun kegiatan belajar mengajar di PAUD pada bidang pengembangan usia TK

SEMESTER 1

  1. Diri Sendiri (3minggu). Sub tema : identitasku, anggota tubuh, panca indra
  2. Lingkunganku (4minggu). Sub tema : rumahku, bagian rumahku, sekolahku
  3. Kebutuhanku (4minggu). Sub tema : makanan/minuman,pakaian, kebersihan
  4. Binatang (3minggu). Sub tema : jenis binatang, cara hidup binatang, ciri binatang
  5. Tanaman (3minggu). Sub tema : macam tanaman, cara menanam dan merawat tanaman, bagian tanaman

SEMESTER 2

  1. Rekreasi (4minggu). Sub-tema : kendaraan di darat, kendaraan di udara, kendaraan di laut
  2. Pekerjaan (3minggu). Sub tema : pekerjaan orang tuaku, pekerjaan di lingkungan rumahku, pekerjaan di kotaku
  3. Air Udara Api (2minggu). Sub tema : air, udara dan api
  4. Alat Komunikasi (2minggu). Sub tema : alat komunikasi elektronik, alat komunikasi non elektronik
  5. Tanah Air (2minggu). Sub tema : kota tempat tinggaku, makanan khas kotaku
  6. Alam Semesta (3minggu). Sub tema : benda langit, musim di Indonesia, gejala alam

Baca Juga : Metode Pembelajaran Di Tingkat PAUD / TK 
 

Tips Membuat Tema dan Sub Tema

cara yang paling mudah agar kita tidak kebingungan membuat kegiatan setiap harinya di sekolah, lakukan langkah - Langkah  berikut :
  1. dari tema yang ada qta bisa menentukan sub-tema. sub-tema ini biasa dibuat berbeda setiap minggu.
  2. berbekal dari indikator yang ada, mulai tentukan program kerja tahunan. biasanya disediakan 2 bendel form, untuk semester I dan semester II. bisa juga diisi setiap sebelum semester baru dimulai.
  3. mengerjakan program semester. kali ini biasanya dikerjakan dengan memberikan tanda tanda cawang pada setiap indikator yang akan diambil sesuai dengan tema dan akan ditempatkan pada minggu ke-berapa pada form sudah tersedia. dilakukan setiap semester. sebelum semester baru dimulai, harus sudah terprogram
  4. mengerjakan Rencana Kegiatan Mingguan (RKM/SKM). naaaah, hal ini semakin mempermudah kita untuk mengetahui atau menentukan kegiatan - kegiatan yang nantinya akan dilakukan. agar tidak lagi bersusah susah untuk mencari bahan karena waktu mepet atau kelupaan. RKM yang biasa digunakan adalah berbentuk spider web. tetapi sebenarnya tidak hanya itu saja bentuknya. kalau aq menggunakan bentuk kolom-kolom dan diberi kegiatan sesuai dengan bidang pengembangan dan haripenyampaian materi.
  5. membuat Rencana Kegiatan Harian (RKH/SKH). menurut aq, mempersiapkan RKH ini akan sangat mudah apabila kita sudah mengerjakan step-step sebelumnya. hanya tinggal menyalin saja, dan dipersiapkan dengan sungguh-sungguhmateri yang akan disampaikan setiap harinya. untuk indikator dan kegiatan yang akan dilakukan setiap harinya, bisa dibuat lebih dahulu. hanya untuk evalusi yang harus diisi sesuai dengan kondisi kelas pada hari / tanggal yang sesuai.
 
Demikianlah postingan kali ini mengenai "Tema dan Sub Tema PAUD". Semoga bermanfaat buat kalian semua.

2 komentar untuk "Tema dan Sub Tema PAUD"

Unknown 26 April 2020 pukul 19.33 Hapus Komentar
maaf ma tanya kalau buat sub tema dengan kd gimana ya seperti
kd:1.1,2.1 dst bisa di jelaskan??
Erwan Setiawan 11 Mei 2020 pukul 08.33 Hapus Komentar
Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa muatan pembelajaran dalam mencapai kompetensi dasar (KD) dan tingkat perkembagan yang diharapkan. Pelaksanaan tema dan sub tema dapat dilakukan dalam kegiatan pengembangan melalui bermain dan pembiasaan.

Tema bukan merupakan tujuan pembelajaran melainkan sarana untuk mengintegrasikan keseluruhan sikap dalam pengetahuan dan keterampilan yang ingin dibangun.